Sabtu, 17 Desember 2011

Jenis-jenis Ikan Diskus

*Red Royal Blue*
(Stripped form, thick lines)
Coraknya klasik sehingga sering digunakan sebagai indukan untuk kawin silang . Jenis Turquoise terbaik ini banyak dikembangkan di thailand.

*Snake Skin*
(Stripped form, fine lines)
Masuk dalam kelompok stripped form, fine line karena corak garisnya yang tipis sekitar 1 mm. jumlah bar lebih dari 9.

*Snake Skin King Cobra*
(Stripped form, fine lines)
Jenis Snake Skin yang unik karena garisnya yang berwarna biru membentuk lingkaran-lingkaran kecil sehingga tampak seperti lubang-lubang yang berwarna cokelat.

*Blue Diamond*
(Solid Blue)
Salah satu jenis diskus yang dianggap abadi karena selalu disukai konsumen di Asia, Eropa, dan Amerika. Daya tariknya terdapat pada warna birunya yang indah dan cemerlang.

*Red Melon*
(Solid Red)
Dengan warna merah seperti water melon (semangka), diskus jenis ini cukup disukai pasar lokal dan pasar ekspor, seperti Jepang dan Prancis.

*San Merah*
(Solid Red)
Termasuk diskus yang sangat diminati konsumen saat ini banyak digunakan oleh breeder sebagai induk untuk mendapatkan keturuan red melon.

*golden Marlboro*
(Solid Yellow)
Sering digunakan sebagai induk dalam kawin silang untuk mendapatkan jenis Golden yang lebih baik, yaitu Golden dengan corak yang semakin sedikit.

*Leopard Snake*
(Spotted Form)
jenis diskus yang saat ini diminati konsumen diseluruh dunia dan harga pasarnya relatif tinggi dibandingkan jenis discus lainnya. Begitu terkenalnya jenis ini sehingga dijadikan sebagai masterpiece diskus.

*Mozaik Leopard*
(spotted form)
Merupakan perkembangan Leopard terbaru dengan corak yang berbentuk seperti huruf C atau O sehingga harganya lebih mahal dibandingkan Leopard biasa.

*White Diamond*
(hybrid)
Jenis hybrid yang diminati para peternak diskus di Asia sebagai indukan untuk kawin silang. Diskus ini juga cukup disukai hobiis karena warnanya yang unik, putih dengan bagian kepala berwarna kuning dan lingkaran mata berwarna putih.

*Heckel discus*
(wild form)
Diskus alam ini disukai konsumen di Asia dan Eropa walaupun pangsa pasarnya masih sedikit salah satu daya tariknya terletak pada bar ke-5 yang nampak jelas.

Dan masih banyak lagi jenis-jenis diskus karena para peternak tak pernah berusaha untuk menciptakan jenis-jenis baru ikan diskus dengan mengawin silangkan indukan-indukan yang berkualitas baik.


dikutip dari : BUKU MENGHASILKAN DISKUS VARIATIF DENGAN KAWIN SILANG
ditulis oleh  : Bpk. Benny Herman S.
                    Marizka The
diterbitkan oleh: Penebar Swadaya

3 komentar:

  1. jika ada yang minat untuk discus ini bisa hubungi saya, bisa kirim-kirim , n COD , tergantung ketersediaan ya,,
    ane didepok,, COD juga bisa,,
    whatsapp 08972331143
    pin BB : 2A4E173D

    BalasHapus
  2. Makasih ya atas share tentang Ikan ini sangat bermanfaat

    BalasHapus